BUMN Karya Bakal Tersisa 7 Korporasi Besar, Restrukturisasi Wika lalu Waskita Hampir Rampung

Adirekso.my.id – JAKARTA – Wakil Menteri atau Wamen BUMN , Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, ketika ini pihaknya sedang menyelesaikan proses untuk pengintegrasian beberapa BUMN Karya sebagai bentuk efisiensi pengeluaran negara.

Wamen BUMN menjelaskan, yang digunakan terdekat nantinya cuma ada 7 perusahaan BUMN yang digunakan bergerak di tempat bidang infrastruktur sebelumnya 9 perusahaan. Pengintegrasian yang disebutkan menimbang beberapa kondisi perusahaan, misalnya mengukur kondisi tubuh keuangan perusahaan, kontribusinya terhadap perekonomian nasional, serta menimbang model perusahaan yang tersebut sustainable ke depannya.

Pria yang mana akrab disapa Tiko itu mengungkapkan, dari 9 BUMN Karya yang digunakan hari ini beroperasi, 2 diantaranya sedang pada tahap restrukturisasi sebelum diintegrasikan dengan perusahaan BUMN dengan model kegiatan bisnis yang mana sama.

“Oleh oleh sebab itu itu penyehatan karya ini ada dua, pertama restrukturisasi, kita telah melakukan restrukturisasi terhadap Waskita lalu Wika, sekarang proses MRA di dalam perbankan itu telah hampir bisa jadi dicapai,” ujar Tiko di konferensi pers di area Jakarta, hari terakhir pekan (29/12/2023).

Lebih lanjut, Tiko menjelaskan, pada jangka menengah, kedua perusahaan yang dimaksud akan diintegrasikan dengan BUMN Karya lainnya, sehingga jumlah agregat perusahaan BUMN Karya hanya sekali menjadi 7 perusahaan besar.

“Kita akan bicara konsilidasi dengan kementerian PUPR dan juga Kementerian Keuangan, misalnya Waskita akan menjadi anaknya HK, kita masih berdiskusi untuk integrasi yang lain, antara WIKA, PP, Brantas, ADHI akan berlanjut lalu kita masih berdiskusi sekaligus seperti apa,” kata Tiko.

“Nantinya akan ada 7 BUMN karya yang tersebut besar yang pada waktu ini beroperasi, kita masih melakukan restrukturisasi untuk mencapai kesepakatan dengan kreditiur, vendor, maupun pemegang obligasi,” tutupnya.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *