Wapres Maruf Optimistis Pasar Modal pada Tahun 2024 Lebih Cerah

Adirekso.my.id – JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin optimistis bursa modal Indonesia di dalam Tahun 2024 akan lebih lanjut cerah walau tahun diwarnai beberapa tantangan, seperti penyelenggaraan kontestasi pemilihan umum (pemilu).

“Mewakili Bapak Presiden pada hari ini, saya mengucapkan selamat Tahun Baru 2024. Tahun yang digunakan diwarnai dengan tantangan, namun kita optimis bangsa Indonesia dapat melewatinya,” kata Wapres di sambutannya pada waktu membuka Perdagangan Bursa Efek Indonesia Tahun 2024 di area Main Hall BEI, Jakarta, Selasa (2/1/2024).

Wapres mengatakan, kondisi perekonomian global dewasa ini menunjukkan perkembangan yang dimaksud tambahan bervariasi. Saat perkembangan dunia usaha kebanyakan negara forward terus merosot, sebagian negara lainnya, termasuk Indonesia mampu mempertahankan pertumbuhan dengan baik.

“Pada pada waktu yang dimaksud sama, agenda-agenda strategis yang dimaksud akan membentuk wajah dunia di tempat masa mendatang juga masih berjalan. Negara-negara terus bergulat dengan penguasaan teknologi artifisial, percepatan transisi energi, dan juga berbagai ikhtiar guna mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan,” papar Wapres.

Pada kesemoatan itu Wapres juga meminta-minta semua mewaspadai gejolak perekonomian global akibat tekanan inflasi, fluktuasi nilai komoditas, maupun fragmentasi geopolitik. Tantangan-tantangan itu, tegas dia, menuntut antisipasi dan juga respons kebijakan yang fleksibel, terukur, sekaligus andal, khususnya pada bidang fiskal serta moneter.

Kendati demikian, Wapres meyakini secara keseluruhan tahun 2024 menunjukkan tanda-tanda optimisme. Dia merujuk pada data Badan Pusat Statistik (BPS) yang mana mencatatkan dunia usaha Indonesia pada triwulan III-2023 meningkat mencapai hampir 5% (year-on-year). Lalu, kinerja lingkungan ekonomi modal Indonesia sepanjang tahun 2023 yang mana positif.

Tak semata-mata stabilitas bursa modal yang tersebut terjaga, pertumbuhan positif menurutnya juga tampak dari meningkatnya aktivitas perdagangan, total penghimpunan dana, dan juga jumlah keseluruhan penanam modal ritel. “Investor ritel pangsa modal yang mana saat ini mencapai 12 jt lebih, mengindikasikan adanya partisipasi publik yang dimaksud kian baik,” tandasnya.

Berbagai prestasi itu menurutnya menjadi dasar optimisme bagi pelaku lingkungan ekonomi modal maupun warga luas. “Dengan eksekusi strategi juga kebijakan yang mana tepat, saya meyakini bursa modal Indonesia mampu berkinerja lebih tinggi cerah,” tegasnya.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *