Sucofindo Sertifikasi Sistem Manajemen Tenaga untuk Semen Padang

Adirekso.my.id – JAKARTA – PT Sucofindo menyerahkan sertifikat SNI ISO 50001:2018 tentang Sistem Manajemen Daya (SME) untuk PT Semen Padang. Penerapan SME secara konsisten di tempat PT Semen Padang diyakini akan berdampak pada penghematan energi yang mana berkelanjutan, penurunan emisi, lalu efisiensi.

“Pencapaian ini merupakan wujud komitmen di implementasi Sistem Manajemen Energi. Sertifikat ini bukanlah belaka sebuah pengakuan terhadap upaya kerja keras PT Semen Padang di tempat bidang pengelolaan Energi, namun juga wujud implementasi tehadap keberlanjutan, efisiensi juga inovasi,” kata Direktur Utama PT Sucofindo Jobi Triananda melalui siaran pers, Selasa (2/12/2024).

Jobi menambahkan, pengelolaan energi yang mana baik, mengupayakan transisi energi menuju bidang keberlanjutan yang tersebut berwawasan lingkungan juga ketahanan iklim, atau bidang rendah karbon. Pelaksanaan efisiensi energi, kata dia, juga menunjukkan komitmen juga tanggung jawab terhadap lingkungan serta masa depan yang tersebut berkelanjutan bagi generasi mendatang.

“Penerapan SME juga berkontribusi pada perolehan nilai yang dimaksud memuaskan yaitu PROPER Emas, khususnya pada kriteria efisiensi energi, yang tersebut dianugerahkan oleh Kementerian LHK,” tuturnya.

Jobi mengatakan, PT Sucofindo mempunyai layanan untuk realisasi Public Disclosure Rencana for Environmental Compliance (PROPER), yaitu berbicara mengenai penilaian kinerja pengelolaan lingkungan suatu perusahaan, seperti GAP analysis, pendampingan dokumen hijau dan juga Dokumen Ringkasan Prestasi Pengelolaan Lingkungan (DRKPL), pemetaan sosial, stakeholder engagement, indeks kepuasan penduduk kemudian social license index, audit energi, audit air, verifikasi data juga SDGs, Social Return on Investment (SROI), perhitungan gas rumah kaca, verifikasi laporan gas rumah kaca, pendampingan pembaharuan sosial, maupun benchmarking.

Guna menyokong bidang mengimplementasikan keberlanjutan lingkungan, PT Sucofindo mempunyai layanan sebagai Lembaga Validasi dan juga Verifikasi skema Angka Sektor Bisnis Karbon kemudian Gas Rumah Kaca, ESG Consultation yang digunakan membantu pelaku bidang usaha menyiapkan roadmap ESG juga proses implementasi, kemudian pelaporan ESG. Sucofindo juga melayani audit energi, konsultansi sustainable mining, sertifikasi green office, sertifikasi green building, konsultansi pada bidang EBT, Green Project Management, Sertifikasi Industri Hijau, Environmental Laboratory, monitoring lalu konsultansi lingkungan kemudian Sertifikasi GGL (Green Gold Label).

Melalui PT Sucofindo cabang Padang, kata dia, pihaknya juga mampu membantu PT Semen Padang pada layanan kalibrasi peralatan bidang serta lab, monitoring performa lube oil, ⁠monitoring kualitas limbah, pemastian fungsi juga desain peralatan sesuai requirement, juga ⁠QA / QC engineering. “Ke depannya kami terus berikrar menggalang prospek PT Semen Padang, dan juga wilayah Sumatera Barat secara luas melalui layanan TIC (Testing, Inspection, and Certification),” pungkasnya.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *