Bawaslu Jakbar pastikan jumlah agregat total surat kata-kata sesuai jumlah keseluruhan keseluruhan DPT

Adirekso.my.id – Pertama kita sudah ada melakukan konfirmasi bahwa jumlah keseluruhan surat pengumuman yang digunakan masuk itu sudah ada sesuai dengan jumlah keseluruhan DPT yang ada ditambah dengan dua persen cadangan

Jakarta – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Ibukota Barat menegaskan total surat pernyataan dalam Gelanggang Olah Raga (GOR) Kebon Jeruk, sesuai dengan jumlah agregat daftar pemilih masih (DPT) wilayah setempat ditambah dua persen.

Koordinator Divisi Pencegahan serta Pengawasan Humas kemudian Hubungan Antar Lembaga Bawaslu DKI Jakarta Barat (Jakbar) Abdul Rouf ketika ditemui di dalam Ibukota Indonesia Selasa mengatakan, adapun surat pengumuman yang mana dimaksud khususnya untuk Pemilihan Umum DPR RI Daerah Pemilihan Ibukota III, yakni DKI Jakarta Barat, DKI Jakarta Utara, kemudian Kepulauan Seribu.

"Pertama kita sudah ada melakukan konfirmasi bahwa jumlah agregat surat pendapat yang tersebut masuk itu telah sesuai dengan jumlah total DPT yang mana ada ditambah dengan dua persen cadangan," katanya.

Ia menambahkan, pihaknya telah terjadi berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakbar terkait jumlah agregat surat pengumuman yang dimaksud telah lama tiba serta telah terjadi mulai dilipat serta disortir hari ini, Selasa, di area GOR Kebon Jeruk.

"Jumlah surat kata-kata tadi yang sudah ada mulai disortir dan juga dilipat itu 1.905.352 ditambah dua persen surat suara, jadi 1.943.460 jumlah total totalnya," kata Rouf.

Terkait dengan kecacatan pada surat suara, kata Rouf, KPU mempunyai wewenang untuk menggantinya dengan tidaklah menambah atau mengempiskan jumlah keseluruhan tersebut.

"Kalau persoalan mengganti surat pengumuman yang dimaksud cacat kan itu kewenangan KPU ya. Tapi tak boleh menghurangi atau menambahkan. Kalau melebihkan itu nanti ada sanksi pidananya," kata Rouf.

Dalam data yang tersebut dihimpun ANTARA, UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, khususnya pasal 514 mengungkapkan bahwa Ketua KPU yang dengan sengaja menetapkan total surat ucapan yang dimaksud dicetak melebihi jumlah keseluruhan yang mana ditentukan sebagaimana yang digunakan dimaksud pada pasal 344 ayat (2), ayat (1) lalu ayat (4), dipidana dengan penjara paling lama dua tahun serta denda paling banyak Rp249 juta.

"Tadi setelahnya kita cross-check dengan KPU, jumlahnya sudah ada sesuai dengan jumlah total DPT di area Jakbar ditambah dua persen surat ucapan cadangan," kata Rouf.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ibukota Barat melakukan kegiatan penyortiran serta pelipatan surat pernyataan pada Gelanggang Olah Raga (GOR) Kebon Jeruk mulai hari ini.

Ketua KPU Jakbar, Endang Istianti mengatakan, surat pernyataan yang disebutkan adalah surat pendapat calon DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Ibukota Indonesia III, yakni Ibukota Indonesia Barat, DKI Jakarta Utara, dan juga Kepulauan Seribu.

"Ada beberapa aturan, pertama sortir dulu untuk memisahkan yang tersebut rusak. Kami sudah ada ada standar berpedoman aturan KPU RI," kata Endang.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *